Menampilkan Pesan Unik Saat Pertama Kali Login


Memberi peringatan kepada pengguna komputer tentang tata cara penggunaan komputer setiap kali komputer aktif terkadang sangatlah membosankan. Sebenarnya ada cara yang boleh dikatakan sangat unik, yaitu dengan memanfaatkan regedit dalam menampilkan pesan unik pada saat pertama kali login. Namun bagi pengguna awam yang ingin memodifikasi registry tetapi tidak mengerti struktur susunan registry dapat membahayakan sistem operasi itu sendiri. Melalui petunjuk ringkas berikut ini para pengguna komputer, baik yang awam maupun yang sudah mahir akan dipandu dalam membuat sebuah program bermanfaat, tentunya dengan memanfaatkan WSF(Windows Script Files).


Dengan adanya program berikut maka para pengguna sistem operasi Windows diharapkan dapat menampilkan pesan unik pada saat login pertama kali, dan tidak perlu repot-repot lagi memberi tau pengguna lainnya apa saja yang harus dilakukan dalam menggunakan komputer secara manual. Pesan-pesan penting bagi pengguna komputer lainnya dapat disisipkan dengan menggunakan program yang satu ini. Penasaran ingin mencobanya? Silahkan simak panduan ringkas berikut ini.
Salin script program berikut ini dengan menggunakan Notepad lalu simpan dengan nama Bikin_Pesan.wsf, kemudian ubah Save as type yang tadinya Text Documents (*.txt) menjadi All Files. Jangan lupa untuk menonaktifkan fasilitas Word Wrap yang ada di Notepad selama pengetikan script program agar tidak terjadi kesalahan.

<job id="Pesan Unik Saat Masuk Windows">
<script language="VBScript">
set ahmad = WScript.CreateObject("WScript.Shell")
judul= "[visit me @ <http://www.ahmad88.co.cc>]"
JudulPesan = InputBox("Masukkan Judul Pesan:",judul)
IsiPesan = InputBox("Masukkan Isi Pesan:",judul)
if JudulPesan <> "" AND IsiPesan <> "" then
ahmad.RegWrite"HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\"&_
"policies\system\legalnoticecaption",JudulPesan,"REG_SZ"
ahmad.RegWrite"HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\"&_
"policies\system\legalnoticetext",IsiPesan,"REG_SZ"
MsgBox "Pesan Unik Sukses di install!",vbInformation,judul
else
ahmad.RegWrite"HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\"&_
"policies\system\legalnoticecaption","","REG_SZ"
ahmad.RegWrite"HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\"&_
"policies\system\legalnoticetext","","REG_SZ"
MsgBox "Pesan Unik Sukses di hapus!",vbInformation,judul
end if
</script>
</job>

Langkah selanjutnya carilah file yang bernama Bikin_Pesan.wsf. Kemudian Klik dua kali pada ikon file tersebut untuk menjalankannya. Pertama kali program akan meminta masukkan berupa judul pesan, masukkan judul pesan yang ingin ditampilkan, lalu klik tombol OK. Kemudian jendela kedua akan terbuka yang meminta masukkan isi pesan, masukkan isi pesan yang ingin ditampilkan setelah itu klik tombol OK. Pada tampilan terakhir akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa pesan sukses di install. Coba sekarang logout kemudian lihat pesan unik yang tampil di layar login. Jika tidak menginginkan pesan unik tersebut muncul pada layar login, maka pesan tersebut dapat dihapus dengan cara menjalankan program Bikin_Pesan.wsf kembali lalu klik tombol Cancel di jendela yang meminta masukkan judul pesan dan isi pesan. Program diatas sangat aman dan telah diujicoba di sistem operasi Windows XP Professional Service Pack 2. Selamat mencoba!

1 komentar:

EX-DOT mengatakan...

wih keren gan tipsnya mw langsung praktek nie,,